Breaking News
Home / tutorial / Panduan Lengkap Untuk Blogger Pemula Terbaru

Panduan Lengkap Untuk Blogger Pemula Terbaru

Panduan lengkap untuk blogger pemula terbaru – Berbicara tentang dunia blogging, ada dua platform yang banyak di pakai oleh para blogger pemula, yaitu blogspot dan wordpress. Namun, kebanyakan untuk blogger pemula cenderung memakai blogspot. Selain mudah, blogspot juga memiliki banyak sekali fitur untuk blogger pemula belajar. Berbeda dengan wordpress gratisan, kita hanya bisa membuat artikel saja. Sebelum ada pembaharuan, sebenarnya wordpress gratisan sama persis dengan wordpress berbayar, bedanya adalah yang gratisan tidak bisa menambahkan plugin.

Panduan Lengkap Untuk Blogger Pemula TerbaruPanduan lengkap untuk blogger pemula ini, sengaja saya buat sebagai pengalaman pribadi dan untuk blogger pemula yang ingin belajar lebih banyak tentang dunia blogging.

Panduan lengkap untuk blogger pemula terbaru

Untuk kalian yang ingin belajar banyak tentang dunia blogging baik melalui Blogspot maupun WordPress, alangkah baiknya jika kalian tentukan terlebih dahulu topik pembahasan yang akan kalian angkat.

Banyak blogger baru yang memilih menulis artikelnya gado-gado atau dengan kata lain tidak ada topik khusus, seperti :

  • Kesehatan
  • Internet
  • Olahraga
  • Blog
  • dll

Sebab, dari awal belum ada konsep, hanya sekedar membuat blog saja. Padahal, blog dengan satu tema atau yang sering kita sebut Blog Niche, lebih di sukai mesin pencari dan kemungkinan besar lebih banyak pendapatan yang masuk ketimbang blog gado-gado.

Alasan blogger pemula memilih blogspot

Kita lebih mengenalnya dengan sebutan Blogger.com walaupun URL di blog kita nanti menjadi Blogspot.com. Sebelum berubah menjadi Blogger.com, memang dulu platform satu ini biasa kita akses dengan Blogspot.com

Untuk membuatnya, kalian cukup memiliki Email saja dan berikut tahapan membuat blog melalui Blogger.com supaya cepat terindeks oleh mesin pencarian google.

  1. Template yang ringan
  2. Pasang Webmaster Tools
  3. Pasang Analytics
  4. Buat artikel minimal 300 karakter
  5. Pakai heading mulai H1 sampai H6

Blog purjianto pertama kali dulu juga memakai platform blogspot, karena alasan ingin belajar wordpress, akhirnya mutasi. Selain itu, ada teman yang ingin membuat website untuk jualan, sekalian saja saya nimbrung.

  • Template ringan

Kenapa template harus ringan? Sesuai kebijakan google terbaru, melalui algoritma nya. Google menyuruh agar template ringan, sebab sebagian besar pengguna internet memakai smartphone.

Semakin cepat loading blog kalian, maka akan semakin besar peluang artikel kalian berada di posisi puncak pencarian.

  • Webmaster Tools

Keuntungan memakai blogger untuk pemula

Pada awal membangun blog, saya lebih memilih blogspot ketimbang wordpress. Alasannya, blogspot memiliki fitur untuk pemula belajar tentang HTML. Sebab, di blogspot kita bisa mengotak-atik sendiri tanpa plugin.

WordPress cocoknya untuk blogger senior yang sudah tinggi jam terbangnya. Bukan tanpa sebab, di wordpress Anda akan di manjakan dengan ratusan plugin.

Di blogspot lah blogger pemula bisa belajar banyak tentang dunia SEO. Belajar dari pengalaman dan tempat mengasah kemampuan diri.

Salah satu contohnya adalah, saat kita memasang meta keyword. Di blogspot kita memasang secara menual, sedang di wordpress sudah ada plugin.

Blogger pemula bebas berkreasi

Sebagai blogger, kalian bebas berkreasi dan tentu berkreasi dalam hal yang positif. Hindari konten yang mengandung unsur SARA

Mendapatkan uang dari blogger

Banyak cara untuk blogger mendapatkan uang dari bermain blog. Salah satu yang patut di coba adalah TASK.

0%

User Rating: Be the first one !

About purji

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *